Sunday, July 1, 2018

HUBUNGAN EMOSIONAL ANTAR MANUSIA

HUBUNGAN EMOSIONAL ANTAR MANUSIA
JALINAN PERSAHABATAN
Pecicilan Gosipers 
29 Juni 2018

Hubungan antar manusia berkembang melalui proses komunikasi verbal dan non verbal. Komunikasi antar manusia termasuk proses komunikasi yang muncul dengan menggunakan kata – kata dan nada suara, postur dan ekspresi wajah. Orang – orang menerima dan menunjukkan cara berkomunikasi melalui kedua cara tersebut. Hubungan antara manusia dalam bentuk hubungan emosional menembus hingga setiap lini pergaulan, seperti halnya hubungan persahaban yang dijalin oleh sekelompok manusia-manusia yang terlibat dalam suatu ikatan hubungan kerjasama atau pun persaudaraan dalam organisasi atau perkumpulan tertentu. hadirnya hubungan emosional antara manusia dalam suatu kelompok atau komunitas dapat dipengaruhi oleh beberapah hal mendasar, seperti instensitas bertemu, selaras dalam berkomunikasi, rasa nyaman, rasa seperjuangan dan sependeritaan serta kesamaan dalam orientasi berfikir.

Bertemu dalam satu naungan perusahaan yang sama dengan intensitas komunikasi dan pertemuan yang sangat tinggi menjadi pemicu terbentuknya satu komunitas unik, rame dan seru yang dinamai Gank Pecicilan Gosiper (GPG). Pecicilan Gosiper merupakan gabungan bahasa daerah banjar dan bahasan non baku yang diartikan sekelompok orang-orang yang aktif, periang, lincah dan kritis yang membahas banyak hal mulai dari pembahasan mengenai ide-ide, peristiwa-peristiwa hingga membahas tingkah dan perilaku orang lain. Keterangan tersebut mengarah pada konotasi yang positiv walaupun tidak jarang terendus hal-hal yang sedikit menyimpang namun tidak menciptakan kerugian terhadap pihak lain.

Bentuk – bentuk komunikasi sebagai hasil dari keterkaitan antara komunikasi dan psikologi yaitu interaksi tatap muka yang terjadi antara dua orang secara langsung, interaksi interpersonal melalui media atau perantara, dan komunikasi massa yang berupa cara berkomunikasi langsung dengan orang banyak. Salah satu aspek atau bentuk komunikasi yang akan dibahas berikutnya adalah peranan psikologi komunikasi dalam hubungan manusia.

GPG terbentuk persisnya diawal tahun 2015 tanpa direncanakan lebih dulu, individu-individu yang terlibat didalamnya berasal dari latar belakang suku, umur dan departemen yang berbeda. kesukaan terhadapat aktivitas bernyanyi bersama setelah jam kerja berakhir menjadikan order karaoke room menjadi lebih sering, selain itu GPG kerap menghabiskan waktu akhir pekan dengan nongkrong bersama, mencoba tempat-tempat hangout baru, jalan-jalan keluar kota, makan bersama hingga mengamati dan membahas perilaku orang lain.Rasa kebersamaan yang terjalin setiap hari dengan intensitas bertemu hampir setiap hari menjadikan hubungan emosional diantara individu-individu GPG semakin akrab dan erat.

Adapun manfaat psikologi komunikasi antara manusia/ bersahabat dalam GPG, yaitu:

Mempengaruhi Kecerdasan emosional, Kecerdasan emosional akan mempengaruhi kompetensi seseorang dalam kemampuannya untuk mengembangkan hubungan yang sehat, dan untuk menerjemahkan emosi yang dirasakan orang lain.contohnya dalam hubungan emosional yang terbangun dalam GPG menjadikan individu-individu yang belajar untuk saling menghargai dan memahami setiap perbedaan latar belakang dan tingkat emosinal yang bersebeda.

Menumbuhkan Rasa Percaya, Komunikasi yang terjalin secara verbal dan non verbal dapat membantu mengukur tingkat kepercayaan seseorang. Perilaku yang konsisten akan mendorong tumbuhnya rasa percaya, karena menunjukkan bahwa perilaku yang sama akan berlanjut di masa depan. Pembahasn yang sangat beragam dalam setiap komunikasi yang terbangun di GPG, akan ada tawa serta canda yang memicu suara lengkingan tawa. Komunikasi yang lancar dan terbuka didalam GPG menumbuhkan kepercayaan diantara individu-individu GPG.

Menumbuhkan Saling Pengertian, Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia dapat membangun saling pengertian antara satu orang dengan lainnya. Menggunakan psikologi komunikasi kita dapat mengerti akan pesan – pesan dalam hubungan antar manusia. Latar belakang individu-individu yang berbeda membawa karakter dan budaya dasar yang berbeda pula. komunikasi yang terbangun dari waktu-kewaktu memberi pemahaman pada setiap individu-individu diGPG untuk dapat saling mengerti setiap karekater dari teman-teman.

Menentukan Tingkat Hubungan, Menurut empat tahap teori dari Altman dan Taylor mengenai perkembangan relasional, perilaku publik kita dan interaksi yang dilakukan mengkomunikasikan perkembangan suatu hubungan. Pertemanan muncul apabila kita mengungkapkan detail pribadi mengenai kepribadian kita dan mengembangkan kepercayaan lebih untuk berkomunikasi selanjutnya. Komunikasi intim antara individu-individu GPG menimbulkan rasa nyaman dan percaya untuk saling berbagi cerita mengenai pengalaman hingga peristiwa-peristiwa yang baru saja terjadi, ditambah dengan privat group yang kami buat pada jejaring sosial menambah keseruan berbagi kejadian-kejadian dalam bentuk gambar dan hal tersebut dapat menimbulkan canda dan tawa hingga hujatan.

Berbagi Arti, Kita menerima dengan yakin bahwa kata – kata yang diucapkan menyampaikan persis apa yang dimaksudkan. Dalam beberapa hal, ini merupakan asumsi yang salah. Kenyataannya kata – kata seringkali tidak diterima sebagaimana yang dimaksudkan oleh pesannya, atau dengan presepsi dalam psikologi komunikasi yang salah. Tidak jarang timbul konflik didalam GPG yang diakibatkan karena perbedaan pendapat atau ketidak sepahaman, namun kecerdasan individu-individu dari GPG ini dapat belajar untuk menjadi bijak dalam menyikapi segala permasalahn yang timbul akibat perbedaan cara pandang. Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia adalah untuk menyamakan arti dari suatu pesan sesuai dengan makna yang sebenarnya.

Memungkinkan Komunikasi yang Koheren, Kata – kata seringkali tidak bermakna sama untuk setiap orang sehingga dapat menghambat proses komunikasi. Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia adalah untuk dapat menjalin komunikasi yang koheren. Artinya, dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan berpangkal pada sumber masalahnya dan usaha untuk mengatasi masalah tersebut, menanggapi masalah dengan fokus dan tanggapan yang sesuai. Keseruan yang terbangun diantara individu di GPG tidak sekedar sebuah aktifitas senang-senang tanpa nilai tapi banyak memberi manfaat, nilai yang dapat diambil dari hubungan emosional GPG ini yaitu dapat memberikan bantuan dalam bentuk dukungan baik materi maupun non materi.

Belajar Berempati Dalam Berkomunikasi, Empati berarti kita berusaha untuk memasuki sisi pikiran orang lain dan merasakan bagaimana jika berada di posisi orang tersebut. Dengan demikian kita akan belajar untuk memahami dan mengerti perasaan orang lain sehingga timbul rasa ingin membantu yang tulus dan ikhlas. Kita dapat menjadi orang yang lebih peka terhadap orang – orang lain di sekitar, bahkan hal tersebut dapat membantu untuk mengenali diri kita sendiri. Jalinan hubungan yang erat diantara individu-individu diGPG memberi banyak pelajaran berarti terutama dalam memahami karakter yang berbeda di luar diri maupun karakter diri sendiri. jika ingin diterima dalam pergaulan dan ingin dimengerti maka belajarlah memahami dan dan mengerti orang lain.

Memudahkan Menerima Informasi, Peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia tidak hanya memudahkan penyampaian informasi saja, namun juga akan memudahkan penerimaan informasi dengan benar. Berkomunikasi dengan menggunakan psikologi akan mempermudah seseorang mengerti informasi yang disampaikan, berikut maksud terselubung jika ada, dan lain sebagainya. GPG selain berbagi cerita mengenai pengalaman atau pun peristiwa juga salaing berbagi informasi yang bermanfaat, namun tidak jarang ada juga yang berbagi informasi yang membuat akal tergelitik karena kekonyolan.

Komunikasi memang tidak dapat dilepaskan dari psikologi dan begitu pula sebaliknya. Pembahasan mengenai komunikasi tidak akan pernah lepas dari perilaku dan pengalaman kesadaran manusia. Sejarah yang panjang dalam penelitian pada fenomena komunikasi akan memperlihatkan hubungan yang erat antara psikologi dan komunikasi, dan tidak sedikit ahli psikologi yang juga mempelajari mengenai komunikasi lebih dalam lagi.

Gank Pecicilan Gosiper menjalin hubungan emosional yang erat dimulai dari tahun 2015 hingga kini dan juga nanti tanpa batas waktu maupun batas generasi. Jalinan persahabat yang erat diantara individu-individu GPG memberikan banyak manfaat, saling berbagi, saling memahami, saling mendukung, menjadi pendengar setia, saling membahagiakan, saling memberi solusi hingga saling mendoakan.

Besar harapan dan keinginan hubungan persahabatan GPG tidak lekang oleh waktu dan ruang walaupun alam akan menjawab setiap urusannya untuk menjemput dan mengantar setiap individu yang akan datan dan pergi. Menjalin hubungan dengan manusia lainnya akan mengajarkan kita menjadi lebih cerdas dalam mengelola nalar dan akal budi, karena orang yang cerdas adalah meraka yang belajar dari kesalahan orang lain bukan belajar dari kesalahan diri sendiri, bagaimana dapat belajar dari orang lain kalo diri sendiri tidak membuka diri untuk menjalin hubungan emosional dengan orang lain. Belajar dari kesalahan orang lain agar suapaya mencegah diri dari kesalahan yang dialami oleh orang lain.

BERSAHABATLAH KAMU DENGAN ORANG YANG MENGINGATKAN KAMU KEPADA TUHAN.

Gank Pecicilan Gosiper 
Wahyu Kusuma Aribowo
Agung Arohman
Maulina Utami
Arissya Ermaya
Yanda Virgina
Iqbal
Kiky
Akhmad Syafii
Winda Wulandari
Rio Ramadhani
Rahayu Khairunnisa
Riza Kurniawan
R. Faradigma















No comments:

Post a Comment

PESAN PENTING DARI BUKU SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT

PENDEKATAN YANG WARAS DEMI MENJALANI HIDUP YANG LEBIH BAIK 10 AGUSTUS 2019 R. FARADIGMA NalarAsa Buku ini dapat membantu kita untuk ...