Wednesday, June 27, 2018

PESONA KABUPATEN PANGKAJENE & KEPULAUAN

Desa Baring, Kecamatan Sigeri 2018
PESONA KABUPATEN PANGKAJENE & KEPULAUAN
17 Juni 2018

Kabupaten Pangkajene & Kepulauan yang kerap disingkat menjadi Kabupaten Pangkajene terletak sekitar 60 km dari Kota Makassar, dapat ditempuh dengan menggunakan moda transportasi umum maupun transportasi pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Perjalanan menuju Kabupaten Pangkep dari Kota Makassar melalui jalan poros provinsi dan melewati Kabupaten Maros, dalam perjalanan menuju Kabupaten Pangkep dari Kota Makassar juga melewati Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. Jarak tempuh akan lebih dekat jika ditempuh dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju ke Kabupaten Pangkep sekitar 43 km, tidak jarang ditemui pemandangan hamparan sawah yang luas disisi kanan dan berpetak-petak tambak ikan air tawar di sisi kiri. Berjalan-jalan ke Kabupaten Pangkep akan menemukan keunikan kondisi sosial sejarah, budaya masyarakatnya serta kondisi geografi yang mendukung.
Kabupaten Pangkep memiliki luas wilayah 12.362,73 km persegi yang terdiri atas daratan dan kepulauan. Jumlah penduduk Kabupaten Pangkajene sebesar 305.737 Jiwa yang tersebar di seluruh daratan hingga kepulauan, dengan kepadatan penduduk 24,73 jiwa/km persegi. Kabupaten Pangkep memiliki 13 Kecamatan dan 102 Desa/Kelurahan. 
Secara etimologi asal kata Pangkajene berasal dari sungai besar yang membelah kota, Pangka yang berarti cabang dan Je'ne yang berarti air. Ini yang mengacu pada sungai yang membelah kota Pangkep yang membentuk cabang-cabang. 
Secara geografis Kabupaten Pangkep tersohor dengan sebutan kota 3 dimensi, hal tersebut dibuktikan dengan kondisi alam yang unik yaitu terdapat pegunungan, daratan dan kepulauan. Melintasi Kabupaten Pangkep akan disuguhkan dengan pemandangan pegunungan karst, banyak karts-karts yang menjadi daya tarik tersendiri diwilayah ini. Perjalanan yang sangat menarik di Kabupaten Pangkep akan menemukan pemandangan rumah-rumah tradisional dengan kondisi semi permanen yang dikenal dengan sebutan rumah panggung yang tersusun dari kayu-kayu kokoh dengan bentuk yang memiliki ciri khas rumah bugis, terlihat indah, unik dan tradisional.
Kecamatan Labbakkang, 2018
 Kabupaten Pangkep mendapat julukan Kota Bandeng, dikarenakan banyaknya terdapat lahan empang untuk budidaya ikan bandeng atau sering disebut oleh masyarakat setempat dengan sebutan ikan bolu. Selain budidaya ikan bandeng para pengusaha empang membudidayakan ikan nila, udang hingga garam. Tidak lengkap jalan-jalan kalau tidak mencoba kuliner, kuliner khas Kabupaten Pangkep diantaranya Sop Saudara dan ikan Bakar, Dange dan Jeruk Pangkep yang akan ditemui disepanjang jalan di Kecamatan Sigeri Kabupateng Pangkep. 
Masih banyak destinasi wisata di Kabupaten Pangkep baik yang tersebar di daratan, di pegunungan hingga di kepulauan. berwisata di Kabupaten Pangkep merupakan pilihan yang tepat, perjalanan yang murah dengan jarak relatif dekat dari Kota Makassar dan memiliki beragam objek wisata. diperlukan beberapa hari untuk dapat menyelesaikan perjalanan untuk mengunjungi objek wisata di kabupaten Pangkep.

No comments:

Post a Comment

PESAN PENTING DARI BUKU SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT

PENDEKATAN YANG WARAS DEMI MENJALANI HIDUP YANG LEBIH BAIK 10 AGUSTUS 2019 R. FARADIGMA NalarAsa Buku ini dapat membantu kita untuk ...