Wednesday, June 13, 2018

PASAR WADAI RAMADHAN BANJARMASIN DIPENGHUJUNG RAMADHAN 1439 H

Di Penghujung Ramadhan 1439 H Pasar Wadai Ramadhan Banjarmasin
13 Juni 2018

Akhirnya sampailah kita dipenghujung ramadhan 1439 H.Tak terasa telah berlalu tepat di hari ini 28 hari ramadhan telah dilewati dengan khusuk dan penuh hikmat.Berlalunya hari demi hari di bulan ramadhan maka berakhir pula pasar wadai ramadhan di Banjarmasin begitu pula di kota-kota lainnya. 
Mengunjungi pasar wadai ramadhan di sore hari yang diselenggarakan di depan Pemko Banjarmasin pada penghujung ramadhan 2018 M/ 1439 H masih nampak ramai oleh pengunjung. Terdapat beragam kuliner khas banjar yang dijajakan oleh para pedagang yang menempati stand-stand jualan.Pasar wadai ramadhan yang merupakan agenda tahunan yang digelar oleh pemerintan Banjarmasin lebih dari sepuluh tahun yang lalu.
Pasar wadai ramadhan di Banjarmasin selain menarik pengunjung untuk berwisata kuliner juga menawarkan wisata sungai, walaupun telah memasuki penghujung ramadhan masih dipenuhi pengunjung dengan tujuan membeli makanan untuk berbuka puasa, membeli kue-kue kering untuk disajikan pada hari raya idul fitri, susur sungai sambil menunggu waktu berbuka dan ada yang ingin berbuka puasa bersama keluarga ataupun teman.
Warga yang menunjungi pasar wadai ramadhan di depan Pemko Banjarmasin dapat menikmati senja dan sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan susur sungai martapura dengan menggunakan kelotok dengan biaya sekitar Rp.5.000/orang. Nampak keseruan para warga yang menikmati wisata susur sungai dengan menggunakan kelotok, tidak jarang tiap kelotok dapat mengangkut lebih dari 10 orang penikmat suasana susur sungai. Senja menampakan langit yang menguning akibat pantulan cahaya matahari yang mulai terbenam menambah romansa penghujung ramadhan 1439 H.
Keseruan terlihat pada rangkaian tulisan warna warni yang terpajang cantik sebagai background pasar wadai ramadhan Banjarmasin 1439 H. Orang dewasa hingga anak-anak, perempuan maupun laki-laki berfoto dengan berlatarkan tulisan tersebut. Para pengunjung pasar wadai ramadhan ingin mengabadikan momen sebelum berakhirnya bulan ramadhan yang diikuti dengan berakhirnya aktifitas pasar wadai Ramadhan di depan Pemko Banjarmasin.

Siring di depan Pemko Banjarmasin telah dipenuhi pengunjung pasar wadai ramadhan, menikmati senja di pinggir sungai yang ditemani jejeran kelotok yang siap mengangkut penumpang untuk menyusuri sungai. Warga menunggu waktu berbuka puasa di tepian siring sungai dan telah menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa, para pedagang ampar/tikar mondar mandir menjajakan barang dagangan kepada para pengunjung yang membutuhkan alas untuk duduk dan dan berbuka puasa bersama teman ataupun sanak keluarga. 

Indahnya suasana pasar wadai depan Pemko banjarmasin dipenghujung ramadhan 1439 H, penghujung yang tetap ramai menikmati beragam kuliner yang dijajakan serta menikmati wisata sungai yang disajikan oleh alam Banjarmasin dari waktu kewaktu terus diperindah. Tepat ditanggal 13 Juni 2018 M pasar wadai Ramadhan Banjarmasin ditutup dan insyallah akan di buka kembali pada ramadhan 2019. Semoga kita semua masih diizinkan untuk bertemu ramadhan di tahun depan beserta keluarga, kerabat dan kawan-kawan terkasih. Amin. 
 

No comments:

Post a Comment

PESAN PENTING DARI BUKU SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT

PENDEKATAN YANG WARAS DEMI MENJALANI HIDUP YANG LEBIH BAIK 10 AGUSTUS 2019 R. FARADIGMA NalarAsa Buku ini dapat membantu kita untuk ...