Saturday, May 4, 2019

BUKIT MATANG KALADAN, WISATA ALAM KALIMANTAN SELATAN

PESONA BUKIT MATANG KALADAN
KABUPATEN BANJAR
KALIMANTAN SELATAN
01 Mey 2019
By: R. Faradigma
#NalarAsa #Jalanjalankalsel #kerangka_berfikir

Pemandangan gugusan pulau dari puncak Bukit Matang Kaladan

Kalimantan Selatan kaya akan keindahan alam, bukit hingga gunung yang berjejer dengan hutan yang tebal, salah satunya yaitu Bukit Matang Kaladan. Bukit Matang Kaladan terletak di Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Bukit Matang Kaladan beberapa tahun terakhir menjadi salah satu wisata primadona di Kalimantan Selatan. Untuk ukuran sebuah bukit, Matang Kaladan cukup landai dan mudah untuk dijelajahi.

Bukit Matang Kaladan memiliki ketinggian kurang dari 500 mdpl dengan kemiringan rata-rata mencapai 80͒-60͒. Kebun karet warga menjadi pemandangan awal saat memulai pendakian, pohon berbuah lainnya seperti durian, mangga, rambutan serta semak belukar akan ditemui dalam pendakian menuju puncak Bukit Matang Kaladan. Puncak Matang Kaladan menyajikan pemandangan yang menakjubkan, nampak hamparan gugusan perbukitan hijau yang menyerupai pulau-pulau di daerah bendungan Riam Kanan. Tak hanya itu, sejauh mata memandang dari puncak Matang Kaladan adalah bukit-bukit hijau yang berjejer indah. Perpaduan panorama yang berasal dari hijaunya perbukitan dan birunya langit dan gumpalan awan putih menambah keindahan pemandangan dari puncak Bukit Matang Kaladan.
Pemandangan barisan perbukitan dari Puncak Bukit Matang Kaladan
Wisata alam Matang Kaladan merupakan salah satu objek wisata yang berada didalam area wisata waduk Riam Kanan, terletak di Kecamatan Aranio dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dari Bandara Syamsudin Noor Kota Banjarbaru Kecamatan Landasan Ulin, dapat menggunakan transportasi pribadi maupun transportasi online. Moda transportasi yang dapat digunakan untuk perjalanan menuju Kecamatan Aranio seperti kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua. Kecamatan Aranio Desa Tiwingan Lama merupakan desa terakhir sebelum melakukan pendakian ke Puncak Bukit Matang Kaladan, kendaraan dapat dititipkan dan diparkir. 

Memasuki kawasan wisata di area waduk Riam Kanan, pengunjung harus membayar uang retribusi Rp. 2.000 untuk pengendara roda dua dan Rp. 5.000 untuk pengendara roda empat, selanjutnya kendaraan dapat diparkir pada area parkir yang telah disediakan, tarif parkir untuk kendaraan roda dua Rp.5.000 dan untuk kendara roda empat sebesar Rp. 10.000. 

Perjalanan ke Puncak Bukit Matang Kaladan dapat ditempuh dengan berjalan kaki maupun dengan menggunakan jasa ojek, biaya sewa ojek sekali perjalanan sebesar Rp.20.000. Memasuki pintu rimba bukit Matang Kaladan pengunjung harus membayar biaya retribusi sebesar Rp. 2.000/ orang. Terdapat dua jalur menuju puncak, yaitu jalur ojek (jalur belakang) dan jalur tracking (jalur depan), jalur ojek lebih panjang, lebih landai dan telah dirapikan menggunakan pengecoran semen yang membelah kebun karet warga sedangkan jalur tracking lebih pendek, lebih curam dan jalan trap-trap tanah. Waktu tempuh jika menggunakan ojek menuju puncak memakan waktu sekitar 7-10 menit sedangkan jika berjalan pada jalur ojek membutuhkan waktu sekitar 40-60 menit (tergantung kondisi fisik) dan berjalan menggunakan jalur tracking membutuhkan waktu sekitar 30-45 (tergantung kondisi fisik) menit.
Jalur tracking

Jalur Ojek
Fasilitas di area wisata alam Bukit Matang Kaladan talah memadai. Akses yang mudah seperti telah disediakan dua jalur pendakian yang aman, jasa penyewaan ojek, beberapa warung yang dibangun pada beberapa spot dalam jalur pendakian guna tempat beristirahat bagi para pendaki, di puncak juga terdapat warung-warung yang menjajakan minuman dingin dan makanan ringan, musolah, spot-spot foto yang berlatar pemandangan gugusan pulau dan perbukitan, area perkemahan, gazebo-gazebo untuk beristirahat, petunjuk arah, pagar pembatas tebing, tempat-tempat sampah hingga poster dan template yang berisi selogan untuk menjaga kebersihan dan tidakm merusak alam. 
 
Teras Pohon

Papan Nama

Spot-spot Foto


Wisata Alam Bukit Matang Kaladan menyajikan pendangan alam yang eksotik. Wisata yang murah dan mudah untuk dijangkau.

Tips ke Bukit Matang Kaladan
  • Tidak perlu membawa banyak bekal makan dan minum dari rumah karena di area wisata telah tersedia toko dan warung yang menjual makanan, cemilan dan minuman.
  • Jika ingin melakukan pendakian yang singkat bisa menggunakan jalur tracking 
  • Jika tidak ingin berkeringat dan cape-capean bisa menggunakan jasa sewa ojek
  • Tidak perlu membawa banyak bawa peralatan camping karena di area wisata terdapat tempat penyewaan alat-alat pendakian dan camping
  • Jangan lupa membawa peralaatan untuk dokumentasi
  • Jangan lupa bawa payung serta menggunakan sunblock, karena puncaknya terbuka
  • Jangan lupa menggunakaan sepatu atau sendal gunung jika mau menggunakan jalur tracking
  • Jangan lupa bahagia, wkwkwkwkwkwkwk 



 










































No comments:

Post a Comment

PESAN PENTING DARI BUKU SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT

PENDEKATAN YANG WARAS DEMI MENJALANI HIDUP YANG LEBIH BAIK 10 AGUSTUS 2019 R. FARADIGMA NalarAsa Buku ini dapat membantu kita untuk ...