Saturday, October 27, 2018

PERJALANAN WISATA DI BALIKPAPAN


Gambar terkait 

PESONA WISATA BALIKPAPAN 
5 JAM DI BALIKPAPAN DAPAT MENIKMATI BERAGAM WISATA
21 Oktober 2018
Riam Faradigma
NalarAsa

Mendapat penerbangan pesawat Banjarmasin Palu dengan rute pulang pergi mengharuskan saya untuk transit di Kota Balikpapan dengan durasi yang cukup lama kalau hanya mununggu di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Sekitar 5 jam saya harus menunggu pesawat di Bandara Sepinggan yang akan membawa saya melanjutkan perjalanan dari Palu ke Banjarmasin, saya akan menyulap waktu menunggu tersebut dengan hal yang menyenangkan yaitu berwisata ke beberapa objek wisata di Balikpapan yang letaknya tidak jauh dari Bandara Sepinggan. Dengan koneksi sosial yang luas, saya mendapat bantuan dari rekan di Balikpapan yang bersedia untuk menemani saya mengeksplos beberapa objek wisata yang berada tak jauh dari Bandara Sepinggan.
Petualangan Eksplor Objek Wisata Balikpapan dimulai
Tidak banyak persiapan yang harus dilakukan untuk sebuah perjalanan singkat di Balikpapan. Membawa uang secukupnya untuk transportasi, membayar biaya retribusi masuk objek wisata dan membeli sovenir serta jajanan khas. Membawa kamera dengan beberapa baterai cadangan dan segala serdadunya agar dapat dengan mudah mengambil gambar-gambar terbaik saat mengeksplor objek wisata yang akan dikunjungi atau dapat menggunakan kamera HP. Mengenakan pakaian yang nyaman baik untuk mendukung aktivitas eksplorer agar lebih lincah dan dapat optimal dalam menikmati setiap perjalanan wisata. Menentukan tempat tujuan dapat menggunakan google serch untuk menggali informasi mengenai objek-objek wisata di situs resmi Dinas Pariwisata Kota Balikpapan, selain itu dapat menggunakan media sosial untuk dapat melihat gambar-gambar yang diambil oleh para pengunjung serta testimoni mengenai objek wisata tersebut dari para pengunjung sebelumnya. Jangan khawatir kehilangan arah karena ada google maps yang dapat membatu menunjukan arah serta jarak menuju objek wisata yang akan dituju. ada tiga objek wisata yang jaraknya tidak jauh dari Bandara Sepinggan Balikpapan yaitu Wisata Hutan Mangrove Pendopo Teritip, Wisata Pantai Lamaru dan Wisata Kuliner Raja Kepiting.

Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Kota ini memiliki perekonomian terbesar di seantero Kalimantan, dengan total PDRB mencapai Rp79,65 triliun pada tahun 2016. Balikpapan ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Balikpapan. Adapun objek wisata yang dapat dikunjungi yang letaknya tidak jauh dari Bandara Sepinggan Balikpapan, diantaranya:

Wisata Hutan Mangrove Pendopo Teritip
Satu kawasan yang ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Dinas Pariwisata Balikpapan. Taman wisata dan penelitian itu berada di Gg. Teritip Kelurahan Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Sekitar 28 kilometer dari pusat kota. Rumah-rumah penduduk di kawasan ini masih jarang. Banyak lahan kosong ditumbuhi pepohonan liar dan kelapa. Teritip dikenal sebagai pemasok kelapa muda.  Hutan Mangrove Pendopo Teritip sekrang dijadikan DPML (Daerah Perlindungan Mangrove dan Laut), pemerintah Kota Balikpapan menjadikan daerah ini sebuah kawasan konservasi. Sebagai salah satu kawasan pesisir, keberadaan mangrove penting untuk mencegah abrasi. Tindakan yang dilakukan pemerintah antara lain menggalang masyarakat menanam bibit bakau. Ini terlihat dari beberapa bibit yang mulai tumbuh. Jembatan kayu sepanjang kira-kira setengah kilometer dengan lebar setengah meter membelah mangrove. Jembatan kanopi ini sangat kuat karena dibuat dari kayu ulin. Di kiri dan kanan jembatan, pohon bakau menjulang cukup tinggi. Namun tidak terlihat adanya primata yang biasa menghuni mangrove, bekantan.  Ada banyak aktivitas bisa kita habiskan di tempat ini. Selain memancing atau berenang, banyak spot fotografi yang menunggu untuk diekplorasi. Bagi pengunjung yang ingin mendirikan tendan atau sekedar berkemah di malam hari bisa dilakukan disini bersama-sama. Pemandangan matahari terbenam di dekat pantai dengan hutan bakau ini menakjubkan untuk dinikmati, terutama saat pantai sedang pasang surut.



Wisata Pantai Lamaru
Salah satu pantai yang menarik dan banyak dikunjungi adalah Pantai Lamaru, sebuah pantai dengan pasir putih yang indah dan pemandangan unik yang tesaji di sepanjang pantai ini. pesona Pantai Lamaru sangat terkenal bagi wisatawan lokal. Pantai Lamaru memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan beberapa pantai yang ada di Kalimantan Timur. Bagi Anda yang sering berlibur bersama teman atau keluarga, Pantai Lamaru merupakan pilihan tepat dan sempurna. Pantai ini menawarkan banyak keamanan, kelebihan inilah yang menjadi daya tarik dan primadona tujuan wisata pantai untuk keluarga. Salah satu kelebihan pantai ini dibandingkan dengan pantai yang lain adalah kelandaian pantainya, pasir putih yang memenuhi pantai dengan air laut yang dangkal hingga beberapa puluh meter. Kelebihan itu semakin lengkap dengan bibir pantainya yang luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan bermain, seperti bermain bola, voli pantai dan lain sebagainya. Jangan takut untuk mengajak putra-putri Anda bermain air laut, kondisi gelombang yang sangat bersahabat alias kecil akan memberikan rasa aman tersendiri bagi para orang tua untuk mengajak anak-anak mereka bermain-main dengan air laut. Jika Anda menyapukan pandangan Anda menuju daratan, hal unik lainnya dari Pantai Lamaru akan tersaji. Deretan rimbun pohon cemara yang hijau dan sejuk akan tersaji. 
Jika di pantai-pantai lain pada umumnya Anda akan menemukan pohon kelapa yang menghias pantai maka di Pantai Lamaru rimbunnya pohon cemara hijau nan menakjubkan akan memenuhi pandangan Anda. Di Pantai Lamaru selain Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai, juga tedapat kuda dan andong yang dapat Anda sewa untuk berkeliling menikmati suasana pantai dan hijaunya pohon cemara. Terdapat banyak warung-warung di pinggir Pantai Lamaru yang menyediakan penyewaan ban, kapal kayuh (yaitu sejenis perahu yang dijalankan dengan dikayuh seperti sepeda), banana boat dan lain sebagainya.


Wisata Kuliner Raja Kepiting Kenari
Kuliner kepiting merupakan salah satu kuliner khas di Kalimantan Timur khususnya di balikpapan. Rumah Makan Kepiting Kemari yang terletak di jalan Iswahyudi No. 4 Balikpapan merupakan pelopor kuliner kepiting di Balikpapan. Kepiting yang dapat diolah menjadi berbagai cita rasa seperti kepiting masak padang, kepiting lada hitam, kepiting asam manis, kepiting goreng bawang dan masih banyak jenis olahan kepiting lainnya. Kepiting di RM Kenari ini merupakan kepiting pilihan, lihat saja ukurannya yang besar dengan daging yang padat pada tiap cangkangnya dan ada pilihan kepiting betina yang bertelur, LEZAT. 
Harga tiap menunya berbeda dan cukup terjangkkau, untuk kepiting telur dengan berbagai cita rasa per kilonya dikenakan harga Rp. 260.000,- sedangkan untuk kepiting jantan dengan berbagai cita rasa dikenakan harga perkilonya Rp. 220.000. RM Kenari memiliki tempat yang luas dan nyaman, waktu penyajiannya sangat singakat sehingga para pengunjung tidak perlu menunggu lama, serta kemasan yang apik dan aman Kuliner Kepiting RM Kenari ini bisa di kemas untuk dijadikan ole-ole.

Mengakhiri perjalan singkat saya di Balikpapan dengan menikmati kuliner Kepiting masak padan dan kepiting goreng bawang yang ditemani rekan saya yang setia mengantar dan menemani saya ke objek-objek wisata yang telah saya tentukan, tak lupa saya membungkus 2 kg kepiting yang dimasak asam manis dan lada hitam sebagai buah tangan untuk keluarga saya di Banjarmasin. Akhirnya saya harus melambaikan salam perpisahan kepada rekan saya dan saya pun siap melanjutkan perjalan ke Banjarmasin membawa oleh-oleh dan cerita. 

Salam NalarAsa, 2018

No comments:

Post a Comment

PESAN PENTING DARI BUKU SEBUAH SENI UNTUK BERSIKAP BODO AMAT

PENDEKATAN YANG WARAS DEMI MENJALANI HIDUP YANG LEBIH BAIK 10 AGUSTUS 2019 R. FARADIGMA NalarAsa Buku ini dapat membantu kita untuk ...